Selasa, 31 Maret 2020

Mini proposal tentang usaha rintisan untuk masa depan(barang outdoor)

1.Latar belakang
     Persaingan dunia usaha di indonesia semakin ketat,setiap perusahaan bersaing untuk menarik pelanggan dan mempertahankan eksistensinya di pasar termasuk dalam bidang retail yang saat ini tumbuh dan berkembang pesat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di indonesia.semakin bertambahnya jumlah ritel lainnya,masyarakat memiliki banyak pilihan untuk berbelanja. Hal ini memberikan keuntungan bagi para konsumen untuk dapat memilih toko yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
     Banyak hal yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di sebuah toko ritel. Melihat keluar tersebut pusat perlengkapan outdoor banyak bermunculan khusus nya di kota bandung,meskipun begitu di sini saya akan memunculkan sesuatu usaha baru meskipun sudah banyak pesaing yang bermunculan.

2.Visi dan Misi
     Visi
"Menjadi perusahaan ritel dengan harga termurah dan terlengkap di dalam bisnis adventure"
 
     Misi
 "~menjual barang outdoor dengan harga terjangkau"
 "~Retail outdoor terbesar dan terlengkap di indonesia"
 "~Memudahkan para adventure di alam bebas"
 "~Menjadi perusahaan ternama"

3.Tujuan

 1.Sebagai keinginan membuka peluang usaha baru
 2.Untuk lebih mempermudah para adventure mencari barang barang outdoor
 3.Sebagai inisiatif wirausaha dan mengajak orang lain untuk membuka usaha
 4.Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan dalam berwirausaha

4.Analisa swot

 *Kekuatan (strenght)*
     Peluang usaha ini muncul karena berawal dari kesukaan dan hobi dengan melihat kebutuhan segmen pasar para pecinta alam yang sebagian besar tidak memiliki alat untuk mendaki. Sedangkan jika dilihat jumlah para pecinta alam terus saja berkembang banyak. Tentu permintaan akan kebutuhan alat-alat juga akan semakin meningkat.

 *Kelemahan (weakness)*
     Kendala yang dihadapi setiap usaha adalah permasalahan internal dan eksternal. Permasalahan muncul dari diri dan keyakinan dalam berbagai resiko kerugian ataupun persaingan usaha. Tentu bukan masalah besar. Asalkan yakin pada diri sendiri dan menyiapkan berbagai strategi usaha dalam mengembangkan nya maka semua akan terhendle dengan mudah.

 *Peluang (Opportunity)*
      Peluang usaha outdoor ini tentunya sangat terbuka luas. Mengingat permintaan konsumen yang semakin meningkat. Maka peluangnya menjafi semakin luas dan terus berkembang. Bahkan target pasarnya sekarang ini bukan hanya pecinta alam,namun juga para traveller yang gemar melakukan perjalanan jauh dengan konsep backpacker.

  *Ancaman (Threat)*
      Tidak ada usaha yang berjalan mulus tanpa adanya sesuatu masalah yang akan dihadapi. Ancaman yang mungkin dihadapi dari usaha outdoor ini mengenai persaingan yang semakin ketat. Nah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yang kamu lakukan adalah menyiapkan berbagai strategi pemasaran dengan memberikan berbagai promo.

5.Pemasarannya

   Pemasaran produknya masih sejauh sekitaran Bandung. Toko outdoor inipun melalui promosi lewat teman-teman,door to door dan lewat online. Dengan pertimbangan bahwa konsumennya toko outdoor telah memiliki pangsa pasar sendiri sehingga tidak perlu repot melakukan banyak promosi.


 6.Penutup
 Cukup sekian proposal mini yang saya buat mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan bahasa yang kurang bagus,karna disini pun saya masih belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar